Janji



Aduuuuh

Ada janji nih

Janji adalah komitmen. Kalau kita bikin acara sama teman, pasti diawali dengan janji. So, dalam kehidupan sehari-hari janji itu memang penting. Tapi suatu ketika pasti muncul situasi dimana kita nggak bias memenuhi janji yang sudah kita ucapkan.

Nah… ada tips buat yang terpaksa ngebatalin janjinya.


Beri Alasan Yang Tepat

“ Sorry nin, gw tiba-tiba nggak mood nih. Barusan gw dapet tawaran yang lebih seru dari mas Sigit, jadi maaf deh gw nggak jadi ikutan.” Nah, kebayang nggak kita sudah capek-capek menjemput, eh jawaban temen kita seperti itu.

Kesel kan? Rasanya koq nggak bertanggung jawab.

Makanya kalau mau batalin janji kitapun kudu siap-siap dengan alasan yang tepat dan masuk akal. Maksudnya supaya teman kita bisa ngerti dan nggak tersinggung. Soalnya yang namanya janji itu menyangkut masalah kepercayaan. Sekali kita melanggar janji, berkurang deh kepercayaan orang pada kita


Jangan Mendadak

Kalau kita punya alas an yang tepat untuk batalin janji, usahakan untuk tidak manyampaikan secara mendadak, minimal beberapa jam sebelumnya. Kecuali kalau memang ada kejadian khusus yang betul-betul mendadak. Itupun kita kudu menjelaskan dengan tuntas pada teman kita supaya nggak dongkol. Jangan lupa minta maaf sebagai ungkapan rasa tanggung jawab kita.


Cari Alternatif Ketiga

Alternatif ketiga adalah cara lain untuk berkompromi dengan janji. Misalnya kita janjian nonton sama teman. Eh, tanpa kita ketahui sebetulnya pada jam yang sama papi mami kita mau pergi kondangan, dan kita dipesan untuk jagain adik yang masih kecil. Artinya nggak boleh keluar rumah , dong. Nah, kenapa nggak kita buat alternatif ketiga. Kalau harus hari itu, bisa diganti dengan nonton DVD atau TV. Atau kita bisa bikin janji baru dilain hari itung-itung untuk ngilangin rasa kecewa.


Hemat Dengan Janji

Kita sudah tau kan gimana konsekuensinya kalau ngebatalin janji. Sekarang langkah akhir yang paling penting adalah berhati-hati dengan janji. Buatlah pedoman, nggak akan ngebuat janji kalau nggak bisa kita penuhi. Janji adalah kesepakatan. Jadi kalau kita merasa nggak sepakat, ungkapkan saja secara terbuka. Nggak usah merasa nggak enak atau merasa takut dibilang nggak kompak. Yang tahu kemampuan kita kan diri sendiri. So, berhematlah dengan janji!!


redfaceredfaceredfaceredfaceredfaceredfaceredfaceredfaceredfaceredface

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

0 komentar:

Posting Komentar